Rabu, 20 Maret 2019
Home / Artikel / Domain, Website dan Jejaring Sosial Sekolah BHK Semarang
Domain Website Jejaring Sosial Sekolah

Domain, Website dan Jejaring Sosial Sekolah BHK Semarang

Akhir bulan ini salah satu sekolah YBHK, sekolah BHK Semarang telah menggunakan domain bhk.sch.id yang didaftarkan di pengelola domain indonesia. Penggunaan nama domain bhk.sch.id dengan pertimbangan sebagai berikut: (1) bhk merupakan singkatan dari bunda hati kudus, yang merupakan nama sekolah yang dikenal oleh masyarakat), kami tidak memilih menggunakan nama yang panjang mengingat nama inilah yang mudah diingat dan yang sudah dikenal dengan baik. Untuk website sekolah, digunakan URL www.bhk.sch.id. (2) domain sch.id diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Teknis lainnya, termasuk pendidikan non-formal (luar sekolah) yang diakui oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Dokumen yang dipersyaratkan untuk pendaftaran nama domain sch.id adalah: Surat Permohonan Kepala Sekolah, Surat Kuasa, KTP/SIM/Paspor RI (masih berlaku)

Selain domain dan website sekolah, sekolah Bunda Hati Kudus (BHK) yang memiliki jenjang TK, Pra-Sekolah, dan SD juga menggunakan sosial media atau jejaring sosial resmi yang digunakan sekolah:

Kebijakan nama domain, website dan jejaring sekolah BHK mengacu kepada Undang-Undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permen), dan Kebijakan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Dokumen acuan tersebut diantaranya adalah:

  • Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik
  • Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  • Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik
  • Permen Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Nama Domain
  • Kebijakan Penyelesaian Perselisihan Nama Domain: PANDI-DNP/2013-005
  • Kebijakan Definisi Umum: PANDI-DNP/2012-004
  • Kebijakan Kode Praktek: PANDI-DNP/2012-003
  • Kebijakan Pendaftaran Nama Domain: PANDI-DNP/2012-002
  • Kebijakan Umum Nama Domain Ver 2.0: PANDI-DNP/2012-001

Tujuan penggunaan nama domain, website sekolah, dan jejaring sosial ini adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu sekolah dan pendidikan di sekolah BHK Semarang. (Penulis adalah petugas teknisi YBHK)

Referensi: