Selasa, 24 Oktober 2017
Home / Artikel / Yayasan Bunda Hati Kudus Menghargai Peran Kartini dalam Mengembangkan Talenta Para Siswa
Karyawati Kantor YBHK dengan Pakaian Daerah

Yayasan Bunda Hati Kudus Menghargai Peran Kartini dalam Mengembangkan Talenta Para Siswa

Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) adalah sebuah lembaga pendidikan Katolik yang selalu berperan serta menyiapkan generasi muda penentu masa depan bangsa Indonesia. Generasi muda yang lahir melalui proses pendidikan di  YBHK bukan saja berkembang talenta terbaiknya, namun juga mampu mengharmonisasikan dirinya sebagai warga negara yang memiliki semangat nasionalis dan patriotisme.  Jajaran manajemen, pimpinan sekolah, para guru, dan karyawan YBHK yakin bahwa dengan sinergi yang kuat serta upaya bersama dalam keseluruhan proses pendidikan mampu melahirkan generasi muda yang berkarakter, memiliki pribadi unggul, ulet dalam menggapai prestasi terbaik sesuai dengan talenta masing-masing serta cinta dan bangga terhadap bangsanya.

Hal itu sesuai visi yayasan, “Menjadi lembaga pendidikan Katolik yang terpercaya dan profesional dalam menumbuhkembangkan multitalenta yang dijiwai semangat Bunda Hati Kudus”.

Sebagai lembaga pendidikan yang terpercaya dan profesional dalam menumbuhkembangkan multitalenta, YBHK berkomitmen untuk memberdayakan semua talenta para guru dan karyawannya. Termasuk di dalamnya para pejuang pendidikan kaum wanita.

Yayasan memberikan kesempatan dan penghargaan yang luas kepada para kaum hawa untuk mengespresikan dirinya sebagai wanita yang mampu melakukan  banyak hal sejajar dan bahkan melampaui kaum pria. Peran para Srikandi ini tetap dalam balutan kewajaran budaya dan norma-norma yang berlaku. Namun kewajaran budaya dan norma ini tidak membatasi kaum wanita untuk berkarya, berinovasi dan mengembangkan talenta terbaiknya dalam segala proses pelayanan pendidikan.

Hal di atas merupakan suatu hal yang wajar dan layak karena dari data pendidik yang ada di YBHK ternyata lebih banyak kaum Hawa daripada kaum Adam, yaitu perempuan 206 sedangkan kaum laki sebanyak 121 dari jumlah seluruhnya 327 orang pendidik.

artikel-hari-kartini-fransisca-driartanti

Tanggal 21 April 2016, bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini, seluruh sekolah dan kantor Yayasan mengadakan perayaan dengan berbagai macam kegiatan sesuai dengan kreativitas masing–masing. “Kartini-kartini” di kantor Yayasan menyapa para murid TK di Kampus Tarsisius II. Tujuannya mengingatkan para murid agar senantiasa menghargai peran ibu mereka yang sudah ikut andil dalam mendidik dan membesarkan diri mereka. Para ibu, khususnya, diharapkan untuk mampu bersinergi dengan guru/karyawan YBHK dalam mendidik anak-anak. Mereka ini adalah “Kartini–Kartini” dalam keluarga yang memberikan kasih sayang sekaligus mendidik anak-anak mereka dengan penuh cinta dan pengorbanan. Tanpa peran mereka, pendidikan di sekolah menjadi sia-sia. Lalu mengapa anak-anak TK yang dipilih?

Sebab pendidikan sejak usia dini inilah yang menjadi fondasi dasar pada pembentukan karakter anak-anak di masa dewasanya kelak. Pada saat anak-anak masih berada dalam usia dini, kita akan dengan mudah menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Mengakhiri peringatan hari emansipasi wanita ini, para “Kartini YBHK” membagikan coklat kepada para siswa sebagai tanda kasih dan semangat serta inspirasi pahlawan emansipasi wanita, Ibu Kartini.