Kamis, 19 Juli 2018
Home / Berita / Aksi Solidaritas Natal Se- Yayasan Bunda Hati Kudus

Aksi Solidaritas Natal Se- Yayasan Bunda Hati Kudus

Waktu terus mengalir menuju penghujung tahun 2017. Semarak dan aroma Natal semakin kental terasa. Banyak aksi karitatif yang dilakukan sebagai bentuk ungkapan syukur dan suka cita menyambut kelahiran Sang Juru Semalat. Menjelang Hari Raya Natal Tahun 2017, keluarga besar Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) seperti biasa mengadakan Aksi Natal. Aksi ini tentu sangat berbeda dengan aksi-aksi berbau politis di Kota Jakarta sepanjang tahun 2017. Aksi Natal yang diadakan keluarga besar YBHK adalah aksi untuk menggugah hati, agar peduli pada sesama terutama mereka yang lemah, miskin, difabel, dan yang terpinggirkan. Aksi Natal se-YBHK merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai ungkapan suka cita natal dalam wujud “berbagi”. Peserta aksi adalah para peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. Kegiatan ini menjadi sarana menumbuhkembangkan sekaligus mempraktikkan kepedulian serta kesetiakawanan sosial di kalangan keluarga besar Yayasan Bunda Hati Kudus.

Adapun sasaran utama Aksi Natal 2017 :
a. Internal: Peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang sakit serta para pensiunan YBHK yang sakit dan memerlukan bantuan.
b. Eksternal: Panti sosial/Panti jompo dan warga miskin sekitar sekolah.

Aksi Natal juga merupakan wujud ungkapan suka cita natal dari seluruh stakeholder Yayasan Bunda Hati Kudus. Oleh karena itu, hasil Aksi Natal tersebut langsung didistribusikan ke beberapa Panti Sosial di daerah Tangerang dan Bekasi. Bantuan berupa kebutuhan sembako, snack dan perlengkapan mandi itu diserahkan langsung oleh panitia, mewakili peserta didik. Pada saat penyerahan bantuan, panitia didampingi oleh Pengurus Yayasan Bunda Hati Kudus. Waktu penyerahan dilakukan secara serentak yaitu hari Jumat,15 Desember 2017.

Penyerahan aksi solidaritas di Panti Sosial Bakti Luhur, Citra Raya, Tangerang dan Panti Werdha Kasih Ayah Bunda, Karawaci Tangerang langsung dipimpin oleh Ketua Pengurus YBHK, Rm. A. Wensy Wowor, MSC dengan didampingi beberapa perwakilan pendidik (guru). Bantuan aksi solidaritas langsung diterima oleh pimpinan Panti Asuhan Bakti Luhur Sr. Yustina. Dalam sambutannya Ketua Pengurus YBHK Rm. A. Wensy Wowor, MSC menyampaikan bahwa aksi solidaritas dari peserta didik, pendidiki dan tenaga kependidikan se-Yayasan Bunda Hati Kudus ini merupakan ungkapan suka cita menyambut Natal 2017. Aksi Natal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan ungkapan solidaritas kepada sesama yang berhak menerimanya. Oleh karena itu, walaupun kecil/sederhana, semoga berguna dan memberi semangat bagi mereka yang sangat membutuhkannya. Sr. Yustin mewakili Panti Sosial Bakti Luhur, sangat bersyukur atas kedatangan dan perhatian berupa bantuan yang diberikan warga Yayasan Bunda Hati Kudus. Pada akhir sambutannya, Sr. Yustina mengharapkan semoga dengan Aksi Natal ini, pelayanan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus semakin maksimal lewat penanganan yang lebih baik, sehingga pada akhirnya mereka semakin merasakan kasih kebaikan Tuhan.

Sekitar satu jam berada di Panti Sosial Bakti Luhur, terasa ada nuansa yang berbeda. Sharing dari Sr. Yustin serta sapaan hangat dari anak-anak berkebutuhan khusus, sangat menyenangkan dan memberi inspirasi bagaimana seharusnya melayani setulus hati.
Senada dengan pengalaman di Panti Asuhan Bakti Luhur, rombongan pun tiba di Panti Werdha Kasih Ayah Bunda, Karawaci. Di Panti ini kami bertemu dengan para lansia. Kendati sudah lanjut usia (biasa dipanggil dengan Opa – Oma), tetapi ada semangat yang tak pernah luntur sekaligus menjadi ciri khas mereka yakni sambutan yang hangat. Di tengah keterbatasan gerak motorik karena kondisi yang renta, para Opa – Oma tetap semangat untuk memberi salam. Bukan hanya sebatas salam – sapa, tetapi juga kemampuan mereka bercerita bahkan ungkapan-ungkapan yang memberi motivasi seperti semangat dan Tuhan memberkati. Semuanya itu semakin menambah semarak kegembiraan dalam kebersamaan. Bahkan pada saat Ibu Fransisca Driartanti selaku Kepala MP Pendidikan YBHK, yang mewakili panitia menyerahkan bantuan Aksi Natal, para Opa – Oma pun secara serentak menyampaikan banyak terima kasih.

AKSI NATAL SAMPAI KE SINAR PELANGI
Aksi solidaritas Natal se-YBHK tidak hanya terasa sampai Tangerang tetapi juga dirasakan sampai ke daerah Bekasi Jawa Barat tepatnya di Yayasan Sinar Pelangi Jati Bening Bekasi pada hari Jumat, 15 Desember 2017. Rombongan panitia aksi langsung dipimpin oleh Bapak Martinus Rio dan Bapak Timmy Tatara, sebagai Sekretaris dan Bendahara Yayasan Bunda Hati Kudus.

Pengurus bersama rombongan diterima dengan penuh sukacita oleh pendiri sekaligus ketua dewan pengurus Yayasan Sinar Pelangi Jatibening, Sr. Andre Lemmers, FCJM. Rombongan Yayasan Bunda Hati Kudus menerima penjelasan dari Sr. Andre Lemmers, FCJM tentang bagaimana peran serta Yayasan Sinar Pelangi Jatibening untuk masyarakat Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan kartu ucapan Hari Raya Natal 25 Desember 2017 dan Tahun Baru 1 Januari 2018, bahan makanan dan penandatanganan dokumen.