Senin, 17 Juni 2019
Home / Berita / Implementasi KURNAS BERMUTU Di Kampus BHK Semarang

Implementasi KURNAS BERMUTU Di Kampus BHK Semarang

Keceriaan Saudara-saudara kita yang ada di Semarang terpancar dari wajah mereka ketika pagi-pagi di mana jam masih menunjukkan pukul 07.00 WIB para guru dan tenaga kependidikan kampus BHK Semarang sudah datang di hotel Whiz tempat diadakannya pelatihan dan pembekalan Kurikulum Nasional Berbasis Multitalenta   (KNBMT) atau sering disebut KURNAS BERMUTU.

Kamis, 4 Agustus sampai dengan Sabtu, 6 Agustus 2016, Tim Pelatihan dan Pembekalan Implementasi KNBMT Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) dari kantor pusat Jakarta datang ke kota Semarang untuk membantu mereka dalam melaksanakan kurikulum khas-nya YBHK yaitu KURNAS BERMUTU, yang sudah di-lounching pada tanggal 23 Juli yang lalu..

Pelatihan selama dua hari dilaksanakan di Hotel Whiz dan satu hari langsung implementasi di kampus BHK Semarang. Peserta pelatihan ada 15 orang, terdiri dari kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan.

Acara dimulai dengan Misa Pembukaan dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta kepada semua peserta sebagai tanda secara resmi dibukanya acara pelatihan dan pembekalan. Rasa haru dan bahagia menyatu dalam suasana persaudaraan yang sama-sama dijiwai oleh semangat Bunda Hati Kudus ketika dikumandangkan bersama lagu Himne  dan Jinggle YBHK. Mungkin rasa haru ini muncul karena selama ini pelatihan dari kantor pusat Jakarta, yang terakhir dilaksanakan sudah sejak 11 tahun yang lalu , yaitu pada tahun 2005.

Semua acara berjalan dengan lancar, antusiasme dan semangat yang tinggi sangat terlihat ketika mereka mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh para instruktur dan semakin nyata ketika mereka praktik mengajar. Bahan-bahan pembelajaran sudah lengkap tersedia dalam laptop mereka masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang mereka praktikkan dalam pelatihan sebetulnya sudah mereka lakukan dalam pembelajaran sehari-hari. Hal ini memudahkan para instruktur dalam meng-up grade dengan praktik-praktik unggulan yang ada dalam buku Pedoman Rumah Pendidikan Multitalenta (RPM).

Pada hari ketiga, tibalah saatnya untuk mendampingi secara langsung apa yang sudah dibelajarkan dalam kegiatan pelatihan dan pembekalan KNBMT di kelas-kelas kampus BHK Semarang. Tim pelatihan dan pembekalan dari kantor pusat Jakarta disambut oleh semua siswa dari pagar masuk sampai menuju ruangan Kepala Sekolah.  Tim ini juga mendapat kehormatan dengan penyematan bunga anggrek dan disuguhi dengan salam dan tawa yang polos serta lugu dengan logat bicara Semarang yang begitu kuat oleh anak-anak TK dan SD. Mereka menampilkan berbagai talenta yang sudah diasah oleh para guru yang multitalented juga. Rasa haru dan bangga memenuhi hati seluruh Tim dari kantor pusat. Air  mata bahagia dan bangga tak terbendung lagi.

Kondisi kesederhanaan mampu membuahkan kebesaran  talenta yang diberikan oleh Tuhan!

Inilah sebuah bukti yang kuat bahwa talenta seseorang dapat dikembangkan tidak harus melalui kemewahan dan kemegahan sarana prasarana yang tersedia. Kampus BHK Semarang memang masih boleh dikatakan jauh dari kemewahan dan fasilitas yang memadai. Gedung sekolah masih sederhana, fasilitas pembelajaran masih serba sederhana pula. Ruang kelas yang masih terasa panas ketika mengikuti proses pembelajaran, karena memang suhu udara di kota Semarang termasuk panas dan ruangan tidak ber-AC. Namun ada hal yang sangat istimewa terlihat adalah ketika pelajaran berlangsung relasi antara guru dan para siswa terasa begitu akrab dan dekat. Suasana yang penuh cinta, hormat serta peduli sebagai landasan dalam RPM sangat terasa. Hal ini menimbulkan suasana pembelajaran yang hangat , semangat dan para siswa aktif serta berlomba tunjuk jari berebut untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru. Di dinding kelas juga banyak terpampang hasil karya serta prestasi anak. Piala berbagai kejuaraan pun terpanjang di ruangan Kepala Sekolah. Ketika kelas ditinggal oleh guru karena suatu tugas tertentu, anak semua tenang mengerjakan tugas yang diberikan. Di lapangan depan sekolah banyak anak yang melakukan kegiatan pembelajaran baik yang berolah-raga maupun ada yang asyik mengamati lingkungan sebagai sumber pembelajaran sesuai petunjuk yang diberikan oleh gurunya.

Jumlah siswa yang berjumlah sekitar 20 orang dengan menerapkan metode pembelajaran hasil pelatihan dan pembekalan menunjukkan suasana pembelajaran yang ideal bagi penerapan kurikulum unggulan YBHK yaitu KURNAS BERMUTU. Suasana dan fasilitas boleh sederhana, namun jiwa yang besar seorang guru akan menumbuhkan talenta yang diberikan oleh Tuhan pada masing-masing siswa menjadi sesuatu yang besar dan mulia berguna untuk kemajuan bangsa.

Semoga hal ini dapat memberikann inspirasi serta motivasi  yang lebih tinggi lagi dalam  peningkatan mutu pelayanan pendidikan bagi kita yang memiliki fasilitas sekolah yang lebih lengkap dan suasana kelas yang sejuk serta penerapan praktik-praktik unggulan yang sudah dirancang dalam buku RPM sebagai buku pedoman implementasi KURNAS BERMUTU. Hal ini memberikan harapan bagi cita-cita luhur dan mulia untuk menumbuhkembangkan talenta para siswa semakin tumbuh subur sehingga mampu membuahkan buah-buah prestasi para peserta didik di seluruh kampus YBHK!
[flickr_set id=”72157671851690132″]