Kamis, 19 Juli 2018
Home / Berita / Lomba Video Edukasi Persekolahan YBHK

Lomba Video Edukasi Persekolahan YBHK

Selasa (12/12) yang lalu di Tarsisius I Jakarta Pusat diselenggarakan lomba Video Edukasi dalam rangka merayakan Ulang Tahun Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) Jakarta, yang puncaknya dirayakan pada tanggal 12 Januari 2018. Lomba ini merupakan salah satu dari rangkaian lomba yang dikemas dalam sebuah event dengan nama Ajang Unjuk Multitalenta. Peserta lomba dalam event ini bukan hanya siswa saja namun juga melibatkan guru karyawan. Walaupun lomba ini bersifat internal di persekolahan YBHK namun gaung kemeriahannya sangat luas. Keseluruhan peserta dalam lomba ini adalah siswa-siswi beserta guru dan karyawan dari TK, SD, SMP, sampai dengan SMA; di kampus Tarsisius I, Tarsisius II, Damai, Vianney dan Tarsisius Vireta.

Panitia yang menangani lomba Video Edukasi tersebut mengambil tema Transformasi Diri Menuju Pribadi Yang Unggul dan Mulia, dengan sub tema sebagai berikut:  1. Karya yang mampu menggugah 7 nilai YBHK; 2. Karya yang menggugah semangat Nasionalisme dan nilai-nilai Pancasila; 3. Karya yang mampu menggugah semangat pantang menyerah, kejujuran, religius dan toleransi dalam keberagaman; 4. Karya yang mampu menggugah siswa menjadi kreatif dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menghadapi berbagai tantangan; 5. Karya yang mampu menggugah siswa dalam memelihara budaya dan kearifan lokal ditengah derasnya arus globalisasi; 6. Karya tentang fenomena kehidupan manusia yang mampu memberikan suri tauladan; 7. Karya tentang Alam dan usaha kelestariannya.

Khusus lomba Video Edukasi ini diadakan hanya untuk siswa-siswi SMP dan SMA saja, baik dari Tarsisius I, Tarsisius II, Damai, Vianney di Jakarta, maupun siswa Tarsisius Vireta dari Tangerang Banten. Kriteria penilaian karya video adalah a. Unsur Naratif (inovasi, ide, konsep, cita rasa), b. Unsur sinematik (penataan kamera, suara, akting, setting, editing), c. Unsur komunikatif (persuasif, inspiratif, daya pikat), d. Orisinalitas (aransemen musik, shot, still picture), dan e. Presentasi (karya, penyajian, diskusi)

Berdasarkan hasil penilaian dari tim juri dalam lomba pembuatan karya video edukasi tersebut, pemenangnya untuk jenjang SMA dan SMA adalah sebagai berikut:

Asal SekolahJudul VideoJuara
SMA Tarsisius ViretaPersahabatan Milenial1
SMA Tarsisius 2Finding Balance2
SMA VianneyRealize3
SMP Tarsisius 2Dua Sisi1
SMP Tarsisius ViretaKeberhasilan2
SMP VianneyLove3