Rabu, 20 Maret 2019
Home / Berita / Seminar Implementasi Kurikulum 2013, RPP dan Penilaian
Seminar Implementasi Kurikulum 2013, RPP dan Penilaian

Seminar Implementasi Kurikulum 2013, RPP dan Penilaian

Seminar Implementasi Kurikulum 2013, RPP dan PenilaianInstruksi pemerintah dalam hal ini Depdiknas yang mewajibkan seluruh persekolahan di Indonesia pada tahun pembelajaran 2014/2015 menerapkan Kurikulum 2013 ditanggapi dengan positif oleh persekolahan di bawah YBHK. Untuk itu kelompok kerja kepala sekolah SD se-YBHK mengadakan seminar Implementasi Kurikulum 2013 dengan menghadirkan nara sumber Ir. Irene Maria Juli Astuti. Seminar tersebut berlangsung pada hari Rabu, 22 Januari 2013 bertempat di aula YBHK, Jl.Raya Kebun Jeruk No.19 Jakarta Barat.

Peserta yang diundang sekitar 35 yang 33 yaitu para guru SD kelas 1 dan kelas 4,para kepala SD se-YBHK serta para kepala TK se-YBHK pula. Selain itu nampak hadir para kepala unit, kepala biro pendidikan dan pengurus YBHK.

Acara diawali dengan mendengarkan kata sambutan dari Ketua K3S, Bp. FX Sri Widodo dan Ketua Pengurus YBHK, Bp. Drs.Romanus Mudjiono, MPd. Dalam kata sambutannya Ketua K3S mengucapkan terima kasih atas dukungan yayasan serta nara sumber yang memliki kompetensi sangat baik tentang Kurikulum 2013 dan secara kebetulan sebagai orangtua murid dari siswa SD Tarsisius 2 sehingga rencana seminar ini bisa terlaksana. Setelah kata sambutan ketua K3S dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengurus YBHK. Dalam kata sambutannya beliau mengatakan bahwa kita para guru dan pimpinan hendaknya jangan kaget dengan hadirnya kurikulum baru Kurikulum 2013, karena pada dasarnya secara filosofi roh kurikulum 2013 selaras dengan kurikulum 2013. Dengan demikian persekolahan YBHK menyambut dengan tangan terbuka kehadiran kurikulum 2013 lebih-lebih 2 persekolahan YBHK yaitu SD Tarsisius 1 dan SMA Tarsisius 2 sebagai sekolah sasaran.

Seminar Implementasi Kurikulum 2013, RPP dan PenilaianMelihat latar belakang nara sumber yang memilik pengalaman “seabreg-abreg” baik sebagai penulis dan editor buku sekolah baik yang diterbitkan oleh Depdikbud, Penerbit Erlangga maupun Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia. Selain itu ibu Irene, sebutan nara sumber memiliki profesi sebagai nara sumber dan pemakalah diberbagai forum serta sebagai pengajar di Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta. Serta masih banyak pengalaman yang lain. Dalam presentasinya yang cukup menarik dan sangat menguasai Kurikulum 2013 tersebut beliau mengawali presentasinya dengan menyampaikan sedikit filosofi kurikulum 2013 beserta aturan-aturan yang dipakai dalam menjalankan kurikulum tersebut sampai pada implementasinya cara penilain dan model raport yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Selain itu ibu Irene juga memberikan masukkan kepada SD Tarsisius 1 yang menyampaikan juga pengalamannya dalam menerapkan Kurikulum 2013 selama satu semester yang lalu.

Seminar Implementasi Kurikulum 2013, RPP dan PenilaianSebelum diakhiri seluruh rangkain Bp.Martin Rio,sebagai Kepala Biro Pendidikan YBHK menyampaikan kata sambutan penutup yang pada intinya persipan persekolahan YBHK dalam melaksanakan kurikulum 2013 tidak berhenti dalam acara seminar ini saja tetapi akan diikuti pelatihan-pelatihan atau workshop kurikulum 2013 yang lebih efektif, sehingga pada tahun pembelajaran 2014/2015 seluruh persekolahan YBHK siap melaksanakan kurikulum 2013. [G. Budi Waluyo]