Minggu, 22 September 2019
Home / Berita / Sosialisasi Pelayanan Satu Pintu di Kampus Tarsisius 1
Simulasi Pelayanan Satu Pintu

Sosialisasi Pelayanan Satu Pintu di Kampus Tarsisius 1

Hampir semua tenaga kependidikan se-YBHK, khususnya: staf Ketata-Usahaan Customer Service, petugas Toko dan perwakilan Satpam, hadir di kampus Tarsisisus I dalam rangka mengikuti sosialisasi sistem Pelayanan Satu Pintu. Sosialisasi ini dihadiri juga oleh semua Pengurus YBHK, serta para udangan dari perwakilan pimpinan Kampus: Tarsisius I, Tarsisius II, Damai, Vianney dan Tarsisius Vireta.

Hari Sabtu (4/6) yang lalu, pelatihan tersebut diadakan. Oleh ketua panitia, acara dibuka dan dimulai pada pukul 07.30 WIB, dan berakhir pada pukul 12.30 WIB. Dengan acara utamanya adalah sosialisasi dan simulasi tentang SOP (standard Operating Procedure). Sosialisasi diisi dengan penjelasan SOP bagi pelayanan administrasi dan tamu oleh para penyaji/narasumber, baik administrasi keuangan maupun administrasi umum. Sosialisasi ini, diawali dengan pengarahan yang disampaikan oleh Ketua Pengurus YBHK. Intinya bahwa sistem Pelayanan Satu Pintu merupakan sistem pelayanan administrasi dan pelayanan tamu oleh tenaga kependidikan, yang pelaksanaannya terpisah dengan kegiatan pembelajan dan pelaksanaan kurikulum lainnya oleh tenaga pendidik. Pelayanan administrasi sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, sampai dengan SMA berada dalam satu ruang khusus yang namanya Ruang Tata Usaha. Sistem layanan sekolah model kampus seperti ini kemungkinan besar merupakan satu-satunya yang ada di Jakarta. Setelah sosialisasi dilanjutkan dengan simulasi dengan melibatkan semua peserta tenaga kependidikan se-YBHK dan para pendukungnya, termasuk juga para undangan perwakilan pimpinan sekolah.

Selesai sesi kegiatan simulasi, acara dilanjutkan dengan penegasan yang disampaikan oleh Sekretaris YBHK. Yang intinya bahwa sosialisasi dan simulasi ini akan lebih dipertajam lagi. Mulai bulan Juli 2016 (tahun ajaran 2016-2017), semua kampus di YBHK harus siap untuk melaksanakan sistem ini. Penegasan ditambahkan oleh Bendahara Pengurus YBHK bahwa pelaksanaan sistem Pelayanan Satu Pintu butuh keseriusan dan kesungguhan serta koordinasi yang baik antar-pimpinan dan antar-tenaga kependidikan di setiap kampus.

Sistem Pelayanan Satu Pintu dinyatakan resmi diberlakukan di semua Kampus persekolahan YBHK oleh Bendahara YBHK. Sebelum acara ditutup, semua peserta, undangan perwakilan pimpinan sekolah, dan pendukung acara memberikan evaluasi tertulis melalui format evaluasi yang disediakan. (am)

[flickr_set id=”72157668996005521″]