Senin, 17 Juni 2019
Home / Berita / Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) Mau Dibawa ke Mana?

Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) Mau Dibawa ke Mana?

Sabtu, 23 Juli 2016  dalam acara Pembukaan Tahun Pelajaran Baru 2016-2017 Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) meluncurkan kurikulum khasnya yang diberi nama KURIKULUM NASIONAL YANG BERBASIS MULTITALENTA (KNBMT) dan sebuah buku yang lahir dari rahim internal YBHK yang berjudul RUMAH PENDIDIKAN MULTITALENTA (RPM) sebagai Buku Pedoman dalam mengimplementasikan  Kurikulum Nasional Berbasis Multitalenta.

Dalam sejarah perjalanan YBHK, baru kali inilah mengeluarkan kurikulum khasnya dan sekaligus buku pedoman kurikulum yang akan diberlakukan sebagai sebuah grand design arah pendidikan ke depan. Hal ini memberikan harapan baru bagi dunia pendidikan, khususnya seluruh warga YBHK dan pendidikan Indonesia umumnya!

Kurikulum ini diluncurkan oleh YBHK untuk membantu para peserta didik menghadapi dunia yang begitu cepat berubah. Peserta didik selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan hidup yang rumit dan kompleks. Peserta didik harus berani menentukan pilihan hidupnya agar dia tetap mampu bertumbuh dan berkembang sehingga bisa menjadi pribadi yang sukses, memiliki sikap penuh kasih, hormat dan peduli sehingga harmonis dengan sesama dan lingkungan sekitarnya.
peluncuran-kurikulum-multitalenta-ybhk-1

Yayasan Bunda Hati Kudus sebagai lembaga Katolik yang terpercaya dan profesional dalam mengembangkan multitalenta yang dijiwai oleh Bunda Hati Kudus berusaha membantu orang tua dalam mendampingi para peserta didik sedini mungkin menemukan dan menyadari talenta terbaiknya dan mengembangkannya ke titik optimal.

KNBMT  ini mengembangkan, me-redesign kembali pendekatan-pendekatan dan strategi pembelajaran agar mampu memberikan stimulus yang tepat dalam mengembangkan multitalenta. Semua uraian ini dikemas dalam  buku RPM.

RPM merupakan suatu kerangka konseptual dan aplikatif mengenai seluruh proses pendidikan di seluruh kampus YBHK. Kerangka berpikir ini berangkat dari suatu filosofi pendidikan multitalenta di mana manusia diciptakan oleh Tuhan baik adanya dan dianugerahi telenta masing-masing. Hal ini dilukiskan dalam Kitab Suci Perjanjian Lama yang mengatakan bahwa manusia segambar (Imago Dei) dan secitra dengan Allah (Kej.1:26-27).

Dalam bingkai pemikiran tersebut, setiap pribadi memiliki potensi untuk bertumbuh dan berkembang menurut talenta yang dimilikinya. Hal ini dapat diwujudkannya dengan belajar. Manusia secara kodrati memiliki kemampuan belajar  sebagai makhluk pembelajar.

RPM inilah yang akan mengarahkan pendidikan di seluruh kampus Se-YBHK akan dibawa ke depan?

Keberhasilan KNBMT melalui RPM ini dapat dilihat dalam suatu proses belajar yang terpadu (integral), berkesinambungan (progressive) dan berkelanjutan (sustainable) dalam membangun harmonisasi seumur hidup antar individu yang berbeda, antar kelompok yang berbeda dan antar komunitas yang berbeda talenta, minat serta bakat sebagai karunia Allah.

peluncuran-kurikulum-multitalenta-ybhk-2

Pendidikan multitalenta yang dikembangkan di YBHK akan menghasilkan peserta didik yang mengetahui arah hidupnya, strategi dan cara mencapainya. Sehingga setiap pribadi akan menjadi bintang di bidangnya , harmonis dengan sesama dan lingkungan sekitarnya.

Selamat untuk kita semua . Majulah terus dan jayalah Yayasan Bunda Hati Kudus!!!

*Fransisca Driartanti – Manajemen Pemberdayaan Pendidikan