Selasa, 24 Oktober 2017
Home / Pendidikan / Buku Manual dan Materi Pelatihan IN Guru Pembelajar
Buku Manual Untuk Peserta Guru Pembelajar Moda Daring
Buku Manual Untuk Peserta Guru Pembelajar Moda Daring

Buku Manual dan Materi Pelatihan IN Guru Pembelajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah meluncurkan program peningkatan kompetensi guru melalui program Guru Pembelajar. Program ini menurut Mendikbud untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru-guru Indonesia. Program Guru Pembelajar didasarkan atas hasil pemetaan yang dilakukan melalui uji kompetensi guru beberapa waktu lalu.

Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar dirancang berdasarkan Standar Kompetensi Guru (SKG) yang mengacu pada Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor, Permendiknas Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus, dan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar dilakukan melalui tiga moda, yaitu Moda Tatap Muka, Moda Daring, dan Moda Daring Kombinasi baik bagi guru kelas, guru mata pelajaran/paket keahlian, guru bimbingan konseling, dan guru TIK/KKPI untuk semua jenjang pendidikan. Untuk materi pembelajaran moda tatap muka menggunakan modul cetak, sedangkan moda dalam jaringan menggunakan modul, lembar kerja, dan lembar informasi yang disusun dan disajikan secara digital.

Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar merupakan proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya. Peningkatan kemampuan tersebut mencakup kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk perbaikan dan pertumbuhan kemampuan (abilities), sikap (attitude), dan keterampilan (skill). Dari kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan suatu perubahan perilaku guru yang secara nyata perubahan perilaku tersebut berdampak pada peningkatan kinerja guru dalam proses belajar mengajar di kelas.

Buku Manual Guru Pembelajar

Buku Manual ini memberikan gambaran rinci tentang teknis penggunaan Guru Pembelajar dengan menggunakan moda online (daring/dalam jaringan):

  • Buku Manual Untuk Peserta Guru Pembelajar
  • Buku Manual Untuk Pengampu dan Mentor Guru Pembelajar
  • Buku Manual Untuk Admin Guru Pembelajar
  • Modul Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Pembelajar

Download Buku Manual Guru Pembelajar

Materi Pelatihan Instruktur Nasional Guru Pembelajar

Materi Pelatihan IN Guru Pembelajar berupa file presentasi, materi/modul, atau hal-hal yang terkait dengan Pelatihan Instruktur Nasional Guru Pembelajar TKJ, RPL, serta TIK SMP, SMA, SMK (KKPI) pada 9-18 Juni 2016 di PPPPTK IPS PKn Malang:

  • Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
  • Petunjuk Teknis Moda Tatap Muka
  • Petunjuk Teknis Moda Dalam Jaringan
  • Judul Modul Berdasarkan Data Uji Kompetensi Guru 2015
  • Pendekatan Andragogi Dalam Guru Pembelajar
  • Pengembangan Instrumen Uji Kompetensi Guru
  • Permendiknas No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Download Materi Pelatihan Instruktur Nasional Guru Pembelajar

Referensi:

Portal Guru Pembelajar. https://gurupembelajar.id/