Jumat, 18 Agustus 2017
Home / Pendidikan / Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016
Hasil Angket Peserta UNBK 2015
Hasil Angket Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer 2015

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Laman resmi informasi UNBK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat diakses di http://unbk.kemdikbud.go.id/. Sebagai bagian komunitas pendidikan yang mendukung pemanfaatan TIK di sekolah, sudah sewajarnya kita sedikit mengikuti perkembangan penggunaan TIK dalam sistem ujian nasional. Beberapa waktu lalu, pemanfaatan Computer Based Test oleh Kemdikbud dilakukan untuk Uji Kompetensi Guru (UKG) online untuk semua guru TK, SD, SMP dan SMA se-Indonesia secara serentak.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan UNBK tahun 2016 sama seperti tahun sebelumnya, menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Persyaratan Sekolah Peserta UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) Tahun Pelajaran 2015/2016

1. Tersedia petugas laboratorium komputer (minimal 1 proktor dan 1 teknisi);
2. Dapat menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi (minimal) sebagai berikut:

  1. Server (utama dan cadangan): 1. PC/Tower/Desktop (bukan laptop); 2. Processor Xeon atau i5; 3. RAM 8 GB DDR3; 4. Harddisk 250 GB; 5. Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7/Linux Ubuntu 14.04; 6. LAN CARD, dua unit; 7. UPS (tahan 15 menit); 8. Jumlah server mengikuti rasio 1 : 40 (1 server maksimal untuk 40 client); 9. Cadangan 1 server.
  2. Client (utama dan cadangan): 1. PC atau Laptop; 2. Monitor minimal 12 inch; 3. Processor minimal dual core; 4. RAM minimal 512 MB; 5. Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/LINUX; 6. Web Browser: Chrome/Mozilla Firefox/Xambro; 7. Hardisk minimal tersedia 10 GB (free space); 8. LAN Card; 9. Jumlah client mengikuti rasio 1 : 3 ( 1 client untuk 3 peserta); 10. cadangan minimal 10%; 11. Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)
  3. Jaringan internet dengan bandwidth minimal 1 Mbps
  4. Jaringan area lokal (Local Area Network – LAN)

Prosedur Pendaftaran Sekolah Calon Penyelenggara UNBK 2016

TUGAS PROVINSI:

  1. Provinsi dan Kota/kab membentuk Tim UNBK 2016, dan menyampaikan ke Pusat.
  2. Provinsi men-check list Kota/Kab yang akan menyelenggarakan UNBK dalam web UNBK dan menyampaikan username dan password web UNBK ke Kota/kab tersebut.
  3. Tim Teknis Propinsi dapat melakukan verifikasi kesiapan sekolah bersama-sama dengan tim teknis kota/kabupaten.

TUGAS KOTA/KABUPATEN:

  1. Kota/kab mengirimkan usulan sekolah calon penyelengara ke pusat melalui propinsi.
  2. Kota/kab men-check list sekolah calon penyelenggara UNBK dalam web UNBK dan menyampaikan username dan password web UNBK ke masing-masing sekolah tersebut.
  3. Tim Teknis Kota/Kabupaten dan atau Propinsi melakukan verifikasi kesiapan sekolah.
  4. Kota/kabupaten men-check list hasil verifikasi sekolah dalam web UNBK.
  5. Hasil verifikasi dilaporkan secara tertulis ke propinsi.
    CATATAN: Verifikasi sekolah langsung oleh tim teknis pusat hanya dilakukan jika dipandang perlu.

TUGAS SEKOLAH:

  1. Sekolah melakukan pendaftaran UNBK dengan cara mengisi formulir pendaftaran melalui web UNBK.
  2. Sekolah yang telah ditetapkan sebagai penyelenggara UNBK 2016, mencetak formulir surat kesiapan dari web UNBK dan mengisinya serta ditandatangani oleh kepala sekolah dan pejabat dinas pendidikan kab/kota (min eselon III).
  3. Sekolah mengupload surat kesiapan kedalam web UNBK.

Referensi: