Kamis , 27 November 2014
Home / Penelitian / Analisis Deskriptif Kualitatif Manfaat Mekanisme Pengadaan Barang Di Yayasan Bunda Hati Kudus Dalam Rangka Efisiensi dan Efektifitas

Analisis Deskriptif Kualitatif Manfaat Mekanisme Pengadaan Barang Di Yayasan Bunda Hati Kudus Dalam Rangka Efisiensi dan Efektifitas

Peneliti: Drs. Andreas Al Marwata (2009)

Abstrak:

Penelitian dengan judul Analisis Deskriptif Kualitatif Manfaat Mekanisme Pengadaan Barang di YBHK dalam rangka Efisiensi dan Efektivatas ini adalah jenis penelitian kualitatif dimana data yang diambil berupa data primer dalam bentuk diskripsi serta ada hubungan yang lebih intens anatara peneliti dan informan.

Tujuan diadakan peneltian antara lain: (1) mengetahui secara riel pemahaman, tanggapan dan kepedulian serta mekanisme pengadaan/pembelian barang dari seorang Pimpinan sekolah/unit (2) mengetahui secara riel peran pimpinan sekolah/unit dalam mekanisme pengadaan barang yang efektif dan efisien.

Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar informan tahu, paham dan menyatakan bahwa mekanisme pengadaan/pembelian barang bermanfaat termasuk komponen-komponen pendukungnya. disamping itu hampir semua informan secara tegas menyatakan bahwa SK No.180/YBHK/2006 dan SK No.177/YBHK/2006 masih relevan sebagai dasar mekanisme pembelian barang. Namun demikian manfaat pengadaan/pembelian barang sebagai fungsi kontrol, pengawasan, efesiensi dan efektivitas, memperlancar pembelian dan sebagai peraturan untuk mengadakan barang belum berjalan secara maksimal. Malah terjadi kecenderungan bahwa efisensi disini hanya terbatas pada uang saja, sedangkan waktu dan tenaga belum diefisienkan.

Kata Kunci: Analisis Deskriptif Kualitatif, Mekanisme Pengadaan Barang, Efisiensi dan Efektifitas