Senin, 17 Juni 2019
Home / Penelitian / Analisis Deskriptif Peran Workshop Transformasi Hidup Terhadap Peningkatan Kinerja Guru dan Sekolah

Analisis Deskriptif Peran Workshop Transformasi Hidup Terhadap Peningkatan Kinerja Guru dan Sekolah

Peneliti: Fransisca Driartanti (Kepala Unit Tarsisius Vireta)
Kategori: Penelitian Pendidikan untuk kenaikan golongan IVA
Diserahkan pada: 2 Oktober 2014

Abstrak:

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran workshop transformasi hidup terhadap peningkatan kinerja guru dan kinerja sekolah. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tarsisius Vireta dari jenjang Tk s.d SMA. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan analisis deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan apakah dengan diadakan workshop transformasi hidup akan meningkatkan kinerja guru dan kinerja sekolah atau tidak. Penelitian menunjukkan bahwa pembinaan guru melalui worshop transformasi hidup ini berperan positif dalam meningkatkan kinerja guru baik dari jenjang TK s.d SMA, terbukti bahwa pandangan guruterhadap dirinya menjadi lebih positif, sikap dan perilaku terhadap orang lain, baik keluarga, teman, orang tua maupun siswa menjadi lebih baik. Hasil penelitian deskriptif ini juga menunjukkan adanya perkembangan peningkatan kinerja sekolah. Hal ini dapat dilihat dari : (1) jumlah pendaftar naik selama 4 tahun terakhir sebanyak 122 siswa;(2) jumlah siswa baru naik 103 siswa;(3) total jumlah siswa, naik sebanyak 93 siswa; (4) secara keuangan juga mengalami kenaikan;(5) prosentasi kenaikan dan kelulusan mengalami kenaikan;(6) prestasi anak meningkat jumlah maupun wilayahnya semakin luas; dan (7) semakin menurunnya jumlah komplain kinerja guru.

Kata-kata kunci : perubahan, workshop, kinerja guru, kinerja sekolah