Sabtu , 20 September 2014
Home / Penelitian / Analisis Siswa Feeder Di Persekolahan Yayasan Bunda Hati Kudus Tahun Ajaran 2009/2010; Peluang dan Tantangan Siswa Feeder Tahun 2009/2010 Melanjutkan ke Persekolahan YBHK

Analisis Siswa Feeder Di Persekolahan Yayasan Bunda Hati Kudus Tahun Ajaran 2009/2010; Peluang dan Tantangan Siswa Feeder Tahun 2009/2010 Melanjutkan ke Persekolahan YBHK

Peneliti: Panitia PSB & Biro Litbang ICT (2010)

Abstrak:

Penelitian ini bermula adanya target PSB YBHK 2010/2011 untuk memaksimalkan siswa feeder kita untuk kembali ke persekolahan YBHK. Atas dasar itu kita coba buat analisis tentang karakteristik siswa feeder kita dilihat dari semua sisi.

Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya analisis ini ada dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. tujuan umum lebih mengarah pada pemberian informasi kepada lembaga sedang tujuan khusus lebih mengarah pada jenjang sekolah di tiap-tiap unit kerja.

Sasaran yang akan kita tuju adalah para siswa feeder yang sekarang duduk di kelas ujian yaitu para siswa TK B tahun ajaran 2009/2010 atau sebagai calon siswa SD tahun ajaran 2010/2011, siswa kelas VI SD tahun ajaran 2009/2010 sebagai calon siswa SMP tahun ajaran 2010/2011 dan para siswa kelas IX SMP tahun ajaran 2009/2010 sebagao calon siswa baru SMA tahun ajaran 2010/2011.

Manfaat yang kita peroleh dengan adanya analisis siswa feeder ini adalah: 1. Yayasan/sekolah/unit dapat mengetahui berapa prosen siswa feeder kita akan kembali ke persekolahan YBHK 2. Yayasan/sekolah/unit mendapat informasi apakah persekolahan YBHK masih diminati oleh para siswa feeder kita 3. Yayasan/sekolah/unit mendapat informasi apa yang melatar belakangi atau menjadi prioritas siswa atau orangtua dalam memilih atau memeilihkan sekolah untuk putra-putrinya 4. Yayasan/sekolah/unit dapat mengetahui tingkat perekonomian para orangtua calon siswa baru di persekolahan YBHK untuk sebagai dasar menentukan uanga pangkal dan uang sekolah 5. Yayasan/sekolah/unit dapat mengetahui tingkat kepuasaan para pelanggan yang selama ini kita berikan layanan untuk sebagai bahan evaluasi ditahun-tahun mendatang.

Hasil analisis siswa feeder menunjukan bahwa untuk jenjang SD akan diisi oleh siswa feeder dari TK B berkisar 50% sampai 90%, untuk jenjang SMP akan diisi oleh siswa feeder kelas VI SD berkisar antara 40% sampai 80% dan untuk jenjang SMA akan diisi siswa feeder kelas IX SMP anatara 15% sampai 45%.

Hal-hal yang menjadi prioritas orangtua dalam memilih sekolah untuk jenjang SD adalah pertama sekolahnya sekolah yang bermutu, kedua jarak sekolah dengan tempat tinggal tidak terlalu jauh, ketiga sekolahnya sekolah katolik, keempat lokasi sekolahnya mudah terjangkau, kelima sekolah menjamin keamanan para peserta didiknya, keenam biaya pendidikan di sekolah baru terjangkau, ketujuh gedung dan sarana lengkap, para gurunya ramah dan pintar, kedelapan lalu lintas yang menuju sekolah lancar dan kesembilan sekolah memiliki fasilitas parkir. Sedang untuk prioritas orangtua memilihkan sekolah di jenjang SMP dan SMA prioritas pertama sampai kelima sama dengan jenjang TK.

Kata Kunci: Analisis, Siswa Feeder, Persekolahan YBHK, Peluang dan Tantangan