Rabu, 20 Maret 2019
Home / Penelitian / Membangun Tim Kerja melalui Pemahaman Beliefs

Membangun Tim Kerja melalui Pemahaman Beliefs

Peneliti: Maria Goreti Suryani (Kepala Sekolah SMP Tarsisius Vireta)
Kategori: PTS untuk kenaikan golongan IVA
Diserahkan pada: 19 September 2012

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beliefs guru/karyawan SMP Tarsisius Vireta, aspek beliefs apa yang perlu dikembangkan, dan bagaimana cara mengembangkannya.

Penelitian dilakukan terhadap guru/karyawan SMP Tarsisius Vireta dengan sampel berjumlah 19 orang (73,1%) dari 26 populasi, dengan menggunakan instrumen Beliefs Inventory yang diadaptasi dari Jeffrey Young`s Schema Questionnaire.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar (73,68%) guru/karyawan SMP Tarsisius Vireta setelah mendapatkan sesi pengolahan diri beberapa kali, sejak bulan November 2009 hingga 11 Agustus 2012, untuk sepuluh aspek belief yang diteliti sudah berkembang dengan cukup baik. Diantara guru/karyawan yang aspek-aspek beliefnya sudah baik, ada empat guru yang seluruh aspek beliefnya dalam kategori bagus, namun demikian ada juga guru/karyawan yang masih memerlukan pengolahan lebih lanjut untuk beberapa aspek beliefnya.

Aspek rasa aman, percaya pada orang lain, dan kemandirian merupakan aspek belief yang perlu mendapatkan prioritas dalam pengembangan guru/karyawan SMP Tarsisius Vireta. Terkait dengan pengembangan beliefs tersebut diperlukan kegiatan-kegiatan pengembangan diri dan pendampingan dalam implementasikannya.