Rabu, 20 Maret 2019
Home / Penelitian / Meningkatkan Apresiasi Pelajaran Sastra Melalui Pembelajaran Yang Menyenangkan Bagi Siswa Kelas VII SMP Tarsisius Vireta Tangerang Semester Genap 2012/2013

Meningkatkan Apresiasi Pelajaran Sastra Melalui Pembelajaran Yang Menyenangkan Bagi Siswa Kelas VII SMP Tarsisius Vireta Tangerang Semester Genap 2012/2013

Peneliti: Dra. Victoria Sri Marganingsih (2013)

Abstrak:

Pelajaran Bahasa Indoensia terdiri dari pelajaran :(1) Kebahasaan(2) Sastra (3) Ejaan. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kadang kala ada yang menarik tetapi juga ada yang tidak menarik. Hal ini disebabkan karena materi yang terlalu sulit atau siswa yang pada dasarnya tidak menyukai pelajaran tersebut atau juga karena metode penyampaiannya yang kurang tepat dan monoton sehingga siswa menjadi bosan atau tidak tertarik. Dalam hal ini guru harus pandai mencari cara yang bervariasi sehingga siswa akan merasa senang dengan pelajaran sastra khususnya.

Tujuan penelitian yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa agar mencintai pelajaran sastra. Khususnya SMP Tarsisius Vireta dapat semakin mencintai dan memahami betapa menyenangkan menekuni pelajaran sastra serta mengembangkannya dalam bakat. Guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sastra dengan strategi dan metode yang menarik dan menyenangkan. siswa dapat memotivasi minat dan bakatnya dalam mempelajarai, memahami pelajaran sastra.

Rencana dan Prosedur Penelitian ini dimulai dari menentukan subjek penelitian, tempat, waktu dan lamanya penelitian.

Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada setiap jam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII pada semester genap Tahun Ajaran 2012-2013.

Hasil yang diperoleh setelah melalui pelaksanaan dan pengamatan menyimpulkan bahwa pengajaran sastra khususnya menulis puisi yang baik dan mudah yaitu dengan menggunakan teknik pengajaran pengamatan objek secara langsung dan disertai contoh pemodelan dari para sastrawan terkenal dan ternama.

Kata Kunci: Apresiasi sastra, penelitian tindakan kelas, pembelajaran yang menyenangkan