Minggu, 16 Desember 2018
Home / Penelitian / Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Tutor Sebaya di Kelas X SMA Damai Jakarta Barat (Penelitian Tindakan Kelas)

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Tutor Sebaya di Kelas X SMA Damai Jakarta Barat (Penelitian Tindakan Kelas)

Peneliti: Ester Simbolon(2013)  NUK: 304

ABSTRAK

Matematika bagi sebagian besar siswa merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga sebagian besar dari siswa memiliki hasil matematika rendah atau di bawah SKBM. Keterlibatkan siswa yang rendah dalam proses pembelajaran dan pilihan metode yang kurang bervariatif menyebabkan hasil belajar tidak menjadi maksimal. Untuk mengatasi permasalahan di atas diperlukan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik, maka dalam penelitian ini menggunakan metode Tutor Sebaya. Penelitian Tindakan Kelas(PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Tutor Sebaya meningkat? Pokok bahasan yang dipilih untuk penelitian ini adalah Persamaan Trigonometri sederhana,Aturan Sinus dan Kosinus serta Segitiga Sembarang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas(Class Room Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklusnya teridiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Tutor Sebaya. Upaya menerapkan tutor sebaya untuk memaksimalkan keterlibatan siswa menjadi alternatif pembelajaran yang menarik. Penerapan metode ini mengakibatkan siswa belajar lebih aktif, tidak segan bertanya kepada tutor dan proses diskusi lebih intens, bahkan hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketuntasan hasil belajar meningkat bagi siswa, ini terlihat dari hasil tes Siklus I pada tanggal 1 April 2013 diperoleh rata-rata 53,34615 hasil tes Siklus II pada tanggal 9 April 2013 diperoleh rata-rata 60 dan hasil tes Siklus III pada tanggal 25 April 2013 diperoleh rata-rata 76,44444. Penelitian ini di kelas X dengan enam tutor, setiap tutor mengejar empat tutee.

Kata kunci: tutor sebaya, hasil belajar siswa