Rabu, 15 Agustus 2018
Home / Penelitian / Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Siswa Kelas IX SMP Tarsisius Vireta Tahun Ajaran 2013-2014

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Siswa Kelas IX SMP Tarsisius Vireta Tahun Ajaran 2013-2014

Peneliti: Chatharina Ida Indriyani (Guru Matematika SMP Tarsisius Vireta)
Kategori: PTK untuk kenaikan golongan IVA
Diserahkan pada: 26 September 2014

Abstrak:

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar matematika pada siswa, khususnya materi bangun ruang sisi lengkung antara lain adanya anggapan sukar dan terutama untuk soal-soal yang berhubungan dengan kehisupan sehari-hari siswa kurang terbiasa mengembangkan pemikirannya atau kurang kreatif. Hal ini timbul karena model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat sehingga membuat siswa sulit untuk memahami materi bangun ruang sisi lengkung. Untuk itu guru harus pandai memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Tujuan penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru dan siswa supaya lebih mengembangkan pemikirannya meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan hasil belajar.

Metode penelitian ini dimulai dari menentukan subjek penelitian, tempat, dan waktu penelitian.

Penelitian ini dilakukan 3 siklus dalam kegiatan belajar mengajar pada setiap jam pelajaran matematika di kelas IX semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014.

Hasil yang diperoleh setelah melalui pelaksanaan dan pengamatan menyimpulkan bahwa Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX SMP Tarsisius Vireta.