Rabu, 17 Oktober 2018
Home / Penelitian / Peningkatan Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Konsep dan Penalaran Matemtika Siswa di Sekolah Dasar Damai Kelas I pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah

Peningkatan Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Konsep dan Penalaran Matemtika Siswa di Sekolah Dasar Damai Kelas I pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah

Peneliti : Agustina Purwaningsih (Kepala Unit Damai)
Kategori : Penelitian Pendidikan untuk kenaikan golongan IVA
Diserahkan pada : 2 Oktober 2014

Abstrak:

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk melihat apakah ada peningkatan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa SD.

Populasi yang diambil adalah siswa SD Damai kelas satu sampai enam, sedangkan sebagai sampel siswa kelas satu SD Damai sebanyak dua kelas dengan jumlah siswa 43. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI pada penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai seratus. Satu kelas yang lain sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional atau langsung pada penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai seratus.

Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pemahaman konsep dan penalaran matematika bentuk essay yang diujikan pada pretes dan postes. Analisa data secara kuantitaif didapatkan dari hasil pretes dan postes, sedangkan hasil observasi dianalisa secara kualitatif.

Hasil dari analisis adalah: 1. Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan RME, daripada siswa yang memperoleh pendekatan konvensional. 2. Terdapat peningkatan kemampuan penalaran konsep matematika pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan RME, daripada siswa yang memperoleh pendekatan konvensional. Tanggapan siswa dari kelas experimen, mereka merasa senang, asyik, seru, enak, melakukan pembelajaran matematika dalam pendekatan RME. Karakter yang nampak pada para siswa, kerjasama, peduli, berani berpendapat dan bertanya. Pendapat guru kelas satu juga positif, dengan pembelajaran RME siswa merasa senang, menarik perhatian sehingga siswa mudah memahami.

Kata-kata kunci: pendekatan RME, pemahaman konsep, penalaran