Senin, 17 Juni 2019
Home / Penelitian / Survei Kepuasan Pelanggan Internal Yayasan Bunda Hati Kudus 2012

Survei Kepuasan Pelanggan Internal Yayasan Bunda Hati Kudus 2012

Peneliti: Litbang Biro Pendidikan (2012)

Abstrak:

Yayasan Bunda Hati Kudus sebagai lembaga pendidikan yang bergerak dibidang jasa maka sangat memperhatikan kepuasaan para pelanggan baik pelanggan eksternal (orang tua dan siswa) maupun pelanggan internal (guru dan karyawan). Dalam hal ini survei kepuasaan pelangan dilakukan atau ditujukan kepada pelanggan internal.

Tujuan diadakan survei ini adalah pertama untuk mengetahui keadaan riil tingkat kepuasaan pelanggan internal yang mengabdikan diri di YBHK. Kedua untuk mendapatkan masukan dari pelanggan internal tersebut. Ketiga untuk mengetahui apakah indeks kepuasaan pelanggan internal dari tahun 2008 sampai tahun 2012 terjadi perubahan/peningkatan.

Berdasarkan hasil survai yang dilakukan ternyata indeks kepuasaan pelanggan internal 3,08 dengan kategori sedang dan selama kurun waktu 8 tahun indeks kepuasaan pelanggan internal meningkat secara signifikan yaitu sekitar 6,5%. Bila dikaitkan dengan organisasi, perubahan indeks tersebut cukup bagus namun kalau memperhatikan dari sisi sumber daya manusia angka tersebut masih perlu ditingkatkan di tahun-tahun mendatang.

Kata Kunci: Survei, kepuasaan pelanggan, pelanggan internal