Pembekalan Guru Baru Persekolahan YBHK

Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) sebagai lembaga penyelenggara pendidikan formal Katolik, memiliki visi-misi, tujuan, core value, dan berbagai regulasi internal lainnya yang harus diketahui sekaligus dipahami oleh semua insan pendidikan yang berkarya di dalamnya. Berbagai perangkat kelembagaan tersebut tidak hanya sekedar dipahami, tetapi harus dihayati untuk selanjutnya diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sebagai spirit yang terus dihidupi. Konkretisasi dari spirit yang terus dihidupi tersebut akan tampak lewat praktik-praktik baik, yang senantiasa diperlihatkan pada seluruh lini aktivitas pendidikan dan pembelajaran yang dilaksanakan.

Guna mewujudkan misi besar ini, maka YBHK mengadakan kegiatan pembekalan khusus bagi guru-guru baru, yang akan bergabung dengan sekolah-sekolah di YBHK mulai tahun ajaran 2022-2023 ini. Kegiatan yang diikuti 33 orang guru baru tersebut, berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 7-8 Juli 2022 di Sekolah Tarsisius 1, Jln. K.H Hasyim Ashari No. 26 Jakarta Pusat.

Materi pokok yang disampaikan dalam dua hari kegiatan tersebut antara lain: Visi-Misi YBHK, Core Value YBHK, Peraturan Umum Yayasan (PUY), Key Performance Indicators (KPI), Manpower Planning (MPP), Career Path Plan (CPP), Pengembangan Kurikulum Diferensiasi, Sistem Informasi Sekolah (SIS) serta BPJS dan Keuangan.

Drs. Hermanus Eddy Gunawan selaku Ketua YBHK, pada awal pemaparannya tentang Visi-Misi YBHK, meminta peserta untuk menyebutkan rumusan Visi YBHK yaitu: Lembaga pendidikan Katolik terpercaya dan profesional dalam menumbuhkembangkan multitalenta yang dijiwai semangat Bunda Hati Kudus. Ketua YBHK mengingatkan para guru agar memahami dan menghayati kata-kata kunci dalam rumusan visi tersebut, untuk selanjutnya diimplementasikan secara tegas melalui pelaksanaan tugas masing-masing.

“Sekolah-sekolah YBHK adalah sekolah Katolik, maka ciri dan spirit kekatolikan yang merupakan salah satu kekuatan utama harus terus ditonjolkan. Sekolah Katolik, bukan untuk mengkatolikan orang, tetapi menonjolkan spiritualitas Katolik”, demikian Ketua YBHK mengingatkan. Agar menjadi sekolah Katolik yang terpercaya dan profesional, harus mampu memperlihatkan kualitas, prestasi, diferensiasi yang kuat, dan profesionalitas. Para guru juga diharapkan mampu memainkan peran sebagai fasilitator andal bagi tumbuh kembangnya berbagai talenta unik yang dimiliki peserta didik. Para guru juga harus mampu memfasilitasi tumbuhnya budaya kompetisi dan kolaborasi yang sehat di lingkungan sekolah masing-masing.

Selain tugas mengimplementasikan visi-misi YBHK secara tegas sesuai dengan tupoksi masing-masing, para guru juga dingatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak akan ditoleransi di lingkungan YBHK seperti narkoba, kekerasan sexual, penyalahgunaan keuangan, dan radikalisme (bullying).

Sementara itu, Romo Agustinus Handoko, MSC menyampaikan materi tentang Core Value YBHK. Dengan gaya penyampaian yang lugas dan kocak karena sesekali diselingi candaan segar untuk menghidupkan suasana, Romo Handoko menguraikan tujuh core value YBHK yaitu: Kasih-Bersyukur-Displin-Kerja sama-Ketangguhan-Inovasi-Kejujuran. Melalui ilustrasi dan penggalan-penggalan film, Romo Handoko membedah sekaligus menunjukkan praktik-praktik hidup baik yang berhubungan dengan ketujuh nilai utama (core value) YBHK. Strategi penyampaian seperti ini jelas semakin memudahkan semua peserta untuk memahami dan menghayati core value YBHK. Ujung dari penghayatan ini adalah implementasi di dalam setiap aktivitas hidup.

Pada bagian lain, anggota Dewan Pembina YBHK itu mengingatkan bahwa perubahan dalam kehidupan akan terus terjadi dan tidak bisa dihindari. Para guru harus terus berusaha untuk beradaptasi dengan perubahan itu. Namun, para guru juga harus menyadari bahwa sesungguhnya perubahan itu tidak datang dari atas, tetapi dimulai dari diri sendiri. Guru yang memulai perubahan dari diri sendiri, akan membawa perubahan di YBHK karena sejatinya guru sendiri adalah agen perubahan (the agent of change).

Materi lainnya seperti PUY, MPP, CPP, KPI, SIS, BPJS, Kurikulum Diferensiasi, dan Keuangan bersifat informatif sehingga disampaikan oleh beberapa pimpinan dari Kantor Pusat YBHK.

Rangkaian materi yang disampaikan kepada para guru baru, selain memberikan insight baru, juga akan semakin meyakinkan mereka untuk segera memulai karya pelayanan di dalam Taman Pendidikan YBHK. Selamat datang dan selamat bergabung para insan muda pendidikan. Di dalam Taman Pendidikan YBHK, kita bersama akan melakukan perubahan untuk YBHK yang lebih baik-iklim pendidikan dan Indonesia yang lebih baik.

Penulis: Yoakim Deko Lamablawa

Sharing is Caring!
Scroll to Top