Misa Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2023-2024 Persekolahan YBHK

Persekolahan Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) mengawali seluruh rangkaian kegiatan tahun ajaran baru 2023-2024 dengan menyelenggarakan misa. Misa pembukaan tahun ajaran baru dilaksanakan Jumat, 14 Juli 2023 di Aula Sekolah Tarsisius Vireta, Jalan Danau Singkarak Raya Blok AE 8-9 Villa Regensi, Pasar Kemis, Tangerang. Misa dilaksanakan secara konselebrasi, dengan selebran utama Vikaris Jenderal (Vikjen) KAJ Romo Samuel Pangestu, Pr serta konselebran RD Cosmas Wahyu Kristian Wijaya dan RD Yosef Purboyo Diaz dari Paroki Kutabumi, Gereja St. Gregorius Agung. Misa awal tahun ajaran kali ini diikuti oleh Organ YBHK lengkap (Dewan Pembina, Pengawas, dan Pengurus) serta guru/karyawan se-YBHK dan para siswa/i pengisi acara. Misa berlangsung secara off line dan live streaming.

Dalam homilinya, Vikjen KAJ yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina YBHK itu mengingatkan untuk senantiasa tangkas, lincah, dan cekatan dalam menghadapi perubahan yang kian tak terbendung. “Sebagai murid Yesus, kita harus lincah (agile) dalam menghadapi berbagai tuntutan perubahan zaman. Yesus sendiri adalah pribadi yang sangat lincah, tangkas, dan cekatan dalam menghadapi perubahan. Kita tidak bisa hidup dan bertindak seadanya karena serigala-serigala perubahan bertebaran di mana-mana”.

Injil Matius 10: 16-23 yang dibacakan dalam perayaan kebersamaan itu, Yesus sangat jelas menyebutkan :”Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati” (Mat. 10:16). Pada bagian lain Yesus juga mengingatkan :”Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya….Dan kamu akan dibenci semua orang karena namaKu” (Mat. 10:21-22). Terinspirasi dari perikop ini, Romo Samuel Pangestu mengingatkan bahwa bisa saja para siswa menunjukan penolakan atau pemberontakan terhadap para guru. Namun, bisa jadi pemberontakan para siswa ini terjadi karena mereka frustrasi melihat sikap para guru yang tidak lincah, cekatan (agile) dalam membaca dan beradaptasi dengan tanda-tanda zaman. Tidak ada pribadi atau sekolah yang sempurna, tetapi kita atau sekolah harus terus berusaha dan bergerak maju menuju kesempurnaan itu. Salah satu cara agar tetap eksis dan terus bergerak maju adalah harus lincah dalam membaca tanda-tanda zaman. Demikian Ketua Dewan Pembina YBHK itu mengakhiri homilinya.

Hermanus Eddy Gunawan, Ketua Pengurus YBHK dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membangun sinergi, sehingga mampu melewati tahun ajaran 2022-2023 dengan baik. Ketua Pengurus YBHK juga menyampaikan beberapa informasi dan harapan-harapannya kepada semua guru/karyawan untuk tahun 2023-2024 ini.

Beberapa informasi penting yang disampaikan ketua pengurus:

  1. Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak. YBHK patut berbangga karena dalam tahun ajaran 2023-2024 sudah memiliki tiga sekolah penggerak dan empat orang guru penggerak. Ketiga sekolah penggerak yaitu TK Damai, SD Tarsisius 1, dan SD Tarsisius 2. Sementara untuk guru penggerak yaitu Emilia Tri Ambarwati (Wakasek SMA Tarsisius 1 – guru bahasa Inggris), Suko Baryoto Adi Raharjo (Wakasek SMA Tarsisius 2 – guru Matematika), Theresia Tri Wahyuni (Wakasek SMA Tarsisius Vireta – guru bahasa Indonesia), Theresia Sri Utami (Kepala SMP Tarsisius 2 – guru bahasa Indonesia). Kepada sekolah penggerak maupun para guru penggerak diberikan tanda apresiasi dari YBHK.
  2. Pembukaan Unit / Line Baru. Dalam tahun ajaran 2023-2024 YBHK juga membuka atau menjalankan tiga unit/line baru yaitu SMK Tarsisius Vireta, Kelas Bilingual SD Tarsisius Vireta, dan Kelas Bilingual TK Tarsisius 2.
  3. PPDB 2024-2025. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024-2025 di lingkungan persekolahan YBHK akan dimulai secara serentak tanggal 1 Agustus 2023.

Selain informasi penting tersebut, ketua pengurus YBHK juga menyampaikan harapan-harapannya untuk tahun ajaran 2023-2024.

  1. Semua guru/karyawan YBHK harus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepada semua peserta didik.
  2. Semua sekolah harus meningkatkan kualitas kebersihan sekolah sesuai dengan standar tertentu yaitu kebersihan standar Mall.
  3. Tidak ada lagi keterlambatan dalam pelayanan seragam dan buku.
  4. Harus ada perbaikan yang lebih baik dan berkesinambungan terhadap berbagai fasilitas sarpras yang ada di sekolah atau unit.

Sebelum acara ramah tamah dan penutupan, kegiatan misa pembukaan awal tahun ajaran 2023-2024 juga diselingi acara pemotongan tumpeng sebagai ucapan syukur atas pembukaan line baru di lingkungan persekolahan YBHK. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina YBHK, Romo Samuel Pangestu, Pr didampingi anggota Dewan Pembina, Pengawas, Pengurus, dan Pastor Paroki Kutabumi yang juga hadir sebagai konselebran misa.

Penulis: Yoakim Deko Lamablawa

Scroll to Top