Open House Dan Bilingual Class Launching Sekolah Vianney

Hembusan semilir angin yang mengiringi derap pergerakan pagi menuju siang hari itu, seolah-olah melambat. Melambat hendak memberi kesempatan panitia melakukan finishing touch pada seluruh kegiatan dan acara yang telah lama dipersiapkan itu. Bahkan rinai hujan yang beberapa pagi sebelumnya selalu singgah, pagi itu pun enggan. Lantunan musik dan lagu dengan volume sedang, semakin menambah semarak dan meriahnya suasana. Tampilan panggung dengan backdrop dan varian atribut, aneka stan yang berjejer rapi di sepanjang gerbang utama dan lobi sekolah, serta tingginya intensitas lalulalang dan hiruk-pikuk orang-orang di sekitarnya, semakin menegaskan kalau hari itu akan berlangsung event besar dan meriah.

Unit Sekolah Vianney menggelar kegiatan open house dan launching kelas bilingual jenjang TK dan SMP. Event bertajuk “Vianney School Open House and Bilingual Class Launching” tersebut berlangsung meriah pada Jumat, 18 November 2022 di Unit Sekolah Vianney, Jln. Bojong Raya No. 98, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Semua guru-karyawan dari TK sampai SMA terlibat aktif sebagai panitia untuk mengawal kegiatan ini. Para pimpinan juga hadir untuk mendukung kegiatan tersebut antara lain Pengurus YBHK, Pimpinan Kantor Pusat YBHK, dan Perwakilan Pimpinan dari Unit Sekolah di bawah naungan YBHK. Sementara itu, para peserta yang hadir dan turut memeriahkan acara tersebut selain para siswa Unit Sekolah Vianney sendiri beserta para guru, juga para orang tua siswa dan siswa-siswi dari luar Sekolah Vianney beserta guru dan orang tua mereka.

Membaca tajuk kegiatan ini, tampak bahwa ada dua peristiwa atau even besar yang diselenggarakan bersamaan dalam kesempatan itu. Pertama, Open house dan kedua, Bilingual class launching. Anselmus Hariyanto, Koordinator Unit Sekolah Vianney, dalam penuturannya mengatakan bahwa penyelenggaraan kedua kegiatan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan capaian PPDB 2023/2024 di Unit Sekolahnya.

“Tujuan utama open house dan bilingual class launching ini adalah untuk memaksimalkan capaian target PPDB tahun ajaran 2023/2024 di Unit Sekolah Vianney, baik untuk kelas regular maupun kelas bilingual TK, SD, dan SMP. Diharapkan melalui eforia kedua even tersebut, target PPDB yang telah ditetapkan dapat tercapai”, demikian ungkap Hariyanto yang juga Kepala SD Vianney itu.

Kegiatan Open House serta Launching Kelas Bilingual TK dan SMP Vianney kali ini dimeriahkan dengan pameran pendidikan dan aneka lomba untuk anak-anak TK dan SD. Pameran pendidikan menampilkan produk dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang merupakan hasil karya siswa TK hingga SMA Vianney, khususnya dalam bidang science dan biologi. Sementara itu, aneka lomba yang ditampilkan antara lain : Solo vocal TK (27 peserta), Solo vocal SD (11 peserta), Story telling SD (10 peserta), Mewarnai TK (26 peserta), dan Mewarnai SD (54 peserta).

Selain pameran pendidikan dan aneka lomba, dilaksanakan juga kegiatan bilingual trial class untuk TK, SD, dan SMP. Peserta trial class TK (11 anak), SD (9 siswa), dan SMP (15 siswa). Pada bagian lain, dilaksanakan juga sosialisasi kelas bilingual TK, SD, dan SMP Vianney kepada orang tua dari calon siswa yang sedang mengikuti trial class. Tim Biro Pendidikan YBHK dan ELC, berkolaborasi memberikan sosialisasi kelas bilingual kepada para orang tua yang hadir. ELC sebagai mitra, menyediakan tenaga pengajar untuk kelas bilingual, baik native speaker maupun expatriat. Dengan demikian, kepada orang tua dijelaskan tentang asal, profil, dan latar belakang pendidikan dari para guru native dan expatriat tersebut. Sementara itu, tim Biro Pendidikan YBHK lebih banyak menjelaskan tentang profil kelas bilingual TK, SD, dan SMP se-YBHK, rujukan kurikulum, referensi bahasa Inggris, fasilitas dan sarpras kelas bilingual, setting pembelajaran, tujuan, dan benefit-benefit yang akan didapatkan para siswa kelas bilingual. Orang tua sangat antusias mengikuti acara sosialisasi tersebut.

Seluruh kegiatan dan rangkaian acara berlangsung semarak, dipandu oleh MC Mr. Andre dan Miss Shinta, guru kelas bilingual SD Vianney. Performa MC yang memandu seluruh acara full dalam bahasa Inggris, membuat acara semakin meriah, hidup, dan interaktif. Semoga kemeriahan acara dan eforia semua pengunjung mendatangkan hujan rakhmat yang berlimpah bagi Unit Sekolah Vianney, berupa tercapainya target PPDB 2023/2024

Penulis: Yoakim Deko Lamablawa

Scroll to Top