UKG dan UKKS Se-Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK)

Berlokasi di Sekolah Tarsisius I Jalan K.H Hasyim Ashari 26, Jakarta Pusat, telah dilaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) dan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS). Kegiatan yang berlangsung hari Sabtu, 29 Februari 2020 itu, melibatkan hampir semua guru dan pimpinan sekolah se-YBHK yang berjumlah 286 orang. Peserta terdistribusi dalam 14 ruang, yang terdiri atas:

  • Ruang 1: Kelompok guru dan pimpinan TK
  • Ruang 2 s.d 6: Kelompok guru dan pimpinan SD
  • Ruang 7 s.d 9: Kelompok guru dan pimpinan SMP
  • Ruang 10 s.d 14: Kelompok guru dan pimpinan SMA

Sementara itu, jika dilihat dari jenis kegiatan yang diikuti, peserta terbagi dalam dua kelompok besar yaitu kelompok yang mengikuti UKG saja sebanyak 225 orang, dan kelompok yang mengikuti UKG dan UKKS sebanyak 61 orang. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara YBHK dengan Pusat Penelitian dan Pelayanan Pendidikan (P4) Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Tujuan kegiatan UKG dan UKKS adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pedagogi dan profesional dari para guru dan pimpinan sekolah, mengetahui kekuatan dan kelemahan para guru dan pimpinan sekolah se-YBHK. Selanjutnya, berdasarkan hasil UKG dan UKKS tersebut disusun pemetaan sebagai dasar untuk pengembangan SDM di sekolah-sekolah se-YBHK. Dengan demikian, langkah-langkah strategis dalam bidang pengembangan SDM yang akan diambil, semuanya berdasarkan data yang akurat dan ter-update.

Penulis: Yoakim Deko Lamablawa

Sharing is Caring!
Scroll to Top