Grand Launching SMK Tarsisius Vireta

“Ubahlah hidupmu hari ini. Jangan bertaruh di masa depan nanti,
bertindaklah sekarang tanpa ditunda-tunda lagi”

Simone De Beauvoir.

Ungkapan filsuf Perancis dan tokoh gerakan feminisme ini, tampaknya menginspirasi Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) untuk senantiasa pekah dan responsif. Pekah dan responsif dalam mengantisipasi kecepatan arus perubahan serta ketatnya kompetisi. Tidak pekah, menunda atau lambat merespon dengan tindakan nyata, maka taruhannya adalah terlibas oleh terjangan tsunami perubahan dan tereliminasi dari panggung kompetisi. Itulah kemungkinan masa depan YBHK bersama sekolah-sekolah di bawah naungannya, sehingga dibutuhkan kepekaan dan respon cepat sebagai langkah antisipasi.

YBHK telah menunjukkan komitmen, kepekaan dan responsivenessnya, dengan melakukan inovasi untuk membuka line-line baru dalam bidang pendidikan. Salah satu line baru yang dilaunching hari Jumat, 11 November 2022 yaitu SMK Tarsisius Vireta. Acara grand launching berlangsung di Aula Sekolah Tarsisius Vireta, Jl. Danau Singkarak Raya Villa Regensi II Blok AE 8-9, Kuta Jaya, Pasar kemis, Tangerang. Banyak pejabat yang hadir dalam acara grand launching tersebut, baik pejabat internal YBHK, pejabat Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Jakarta (MPK-KAJ), pejabat pemerintah, maupun pejabat dari mitra kerja dan mitra usaha. Perwakilan mitra kerja sama yang hadir dari PT Amanah Prima Indonesia, PT Indah Jaya, Primaya Hospital, dan Metro Hospital. Pembukaan SMK Tarsisius Vireta berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pembina YBHK : No. 210/SK/DP/YaY/2022, tanggal 6 Oktober 2022. SMK Tarsisius Vireta akan secara resmi beroperasi mulai tanggal 1 Juli 2023.

Penjabat Kepala SMK Tarsisius Vireta, Yanuarius Suharjo, dalam sambutannya mengatakan bahwa momen grand launching SMK Tarsisius Vireta merupakan peristiwa bersejarah bagi Yayasan Bunda Hati Kudus yang telah memutuskan untuk membuka pendidikan vokasi, yang selain untuk melayani kebutuhan masyarakat, juga membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kehadiran SMK Tarsisius Vireta dilandasi oleh semangat menjadi unggul dan terdepan dalam kompetensi dan karakter, sehingga dalam diri peserta didik akan tumbuh banyak jiwa entrepreneur muda, yang tangguh dan hebat yang siap bersinergi untuk memajukan dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja (Diduka). SMK Tarsisius Vireta berkomitmen mengedepankan pelayanan prima dalam menumbuhkembangkan potensi dan bakat siswa yang tergabung dalam program keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV), Teknologi Informasi serta Akuntasi Keuangan dan Lembaga.

Budi Siswoyo, perwakilan manajemen PT Amanah Prima Indonesia mengatakan bahwa perusahaannya sangat welcome dan berkomitmen untuk mendukung segala upaya pengembangan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, sebagai mitra sekolah, kerja sama dengan SMK Tarsisius Vireta nanti tidak hanya terbatas dalam hal magang saja, tetapi juga dalam banyak hal lain untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan siswa-siswi SMK Tarsisius Vireta.

Sementara itu, Camat Pasar Kemis, H. Sony Karsan dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran SMK Tarsisius Vireta merupakan salah satu bukti niat baik dari YBHK untuk masyarakat kecamatan Pasar Kemis. SMK Tarsisius Vireta merupakan salah satu wujud kerja sama yang baik antara YBHK dan pemerintah, untuk menciptakan manusia-manusia yang berguna bagi bangsa dan agama. Walaupun saat ini baru tersedia dua jurusan atau program keahlian, semoga ke depannya program atau jurusannya bisa ditambah, sehingga mampu bersinergi secara maksimal untuk menciptakan manusia-manusia yang potensial dan berkarakter baik di Kecamatan Pasar Kemis khususnya, dan Kabupaten Tangerang pada umumnya.

Romo J. Heru Hendarto, SJ Ketua MPK-KAJ dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya atas terobosan luar biasa yang diambil YBHK untuk membuka SMK Tarsisius Vireta.

“Ketika saya diundang untuk hadir dalam peresmian SMK Tarsisius Vireta ini, hati saya berbinar-binar. Hal ini karena terobosan luar biasa dari YBHK beserta seluruh organnya. Masyarakat industri di Indonesia memang menantikan tenaga-tenaga terampil, kreatif, berdedikasi, dan loyal untuk menjadi orang-orang produktif yang luar biasa. Tetapi lebih jauh dari itu, yang dibutuhkan adalah manusia-manusia yang berintegritas. Semoga rekan-rekan yang menjadi lulusan SMK Tarsisius Vireta nanti, menjadi pribadi yang berintegritas, memiliki keterampilan yang luar biasa dan tidak setengah-setengah. Hal ini karena masyarakat Indonesia dalam derap pembangunan ini juga membutuhkan orang-orang yang memiliki daya juang yang tinggi. Dan semoga kita boleh ikut ambil bagian di dalamnya. Dengan daya juang yang kuat dan integritas yang luar biasa, semoga seluruh upaya ini sungguh menjadi semakin bermakna untuk masyarakat dan bangsa”. Pada bagian lain, Romo Heru juga menekankan pentingnya dukungan dunia industri dan dunia usaha sebagai mitra sekolah dalam menempa kreativitas dan integritas para siswa.

“Dukungan dari dunia industri sangat berharga untuk pendirian sekolah ini. Dunia industri menjadi mitra kerja sama yang sangat berarti karena tidak hanya menjadi tempat melatih kreativitas tetapi juga menjadi tempat untuk menempah integritas. Menempah orang-orang yang layak diberi kepercayaan karena mereka memiliki nurani-nurani yang sehat”, demikian Romo Heru mengakhiri sambutannya.

Drs. Hermanus Eddy Gunawan, Ketua YBHK dalam sambutannya mengharapkan dukungan dan restu dari pemerintah setempat juga dinas pendidikan, agar SMK Tarsisius Vireta dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Ketua YBHK juga menyampaikan terima kasih atas inspirasi dari para Romo dan kerja sama yang baik dari semua pihak, sehingga SMK Tarsisius Vireta dapat diwujudkan.

SMK Tarsisius Vireta berbeda dengan SMK lain di sekitarnya. SMK Trasisius Vireta memiliki keunggulan antara lain Core Value (Kasih-Bersyukur-Disiplin-Kerja sama-Tangguh-Inovasi-Kejujuran), Fasilitas yang lengkap, guru-guru yang terampil dan berpengalaman di bidangnya, serta mitra kerja sama yang banyak dan bervariasi dari dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja.

Romo Samuel Pangestu, Pr, Ketua Pembina YBHK menegaskan bahwa untuk mencapai pribadi-pribadi yang berintegritas dan profesional, dibutuhkan kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan dunia bisnis. SMK Tarsisius Vireta sangat membutuhkan kerja sama antara ketiga komponen ini di dalam mewujudkan karya Tuhan ini.

Romo Samuel yang juga Vikaris Jendral Keuskupan Agung Jakarta (Vikjen KAJ) itu, memberikan inspirasi untuk dapat mewujudkan pribadi-pribadi yang berintegritas, profesional, dan terpercaya. Pertama, melatih diskresi. Diskresi berarti melatih para siswa untuk mengadakan pilihan-pilihan hidup dalam Tuhan. Kedua, berefleksi. Berefleksi berarti melatih para siswa untuk bermenung mencari apa yang dikehendaki Tuhan bagi hidup mereka. Memulai sesuatu dengan keheningan untuk mengetahui apa yang dikehendaki Tuhan dalam hidup mereka sendiri. Refleksi juga berarti melatih peserta didik untuk menulis hal-hal yang baik dalam hidup. Ketiga, transformasi. Transformasi melatih peserta didik menjadi pribadi yang pasti, percaya diri, dan tidak ragu-ragu. Keempat, eksekusi. Eksekusi merupakan keterampilan untuk melaksanakan sesuatu. Para siswa dilatih untuk mampu mengeksekusi sesuatu secara kreatif, inovatif, dan inspiratif. Para siswa SMK Tarsisius Vireta juga harus dilatih Bahasa Inggris, agar lebih mampu bersaing di dunia internasional.

Rangkaian acara launching, diakhiri dengan peninjauan berbagai fasilitas dan sarana-prasarana pendukung pembelajaran SMK Tarsisius Vireta bersama Ketua Pembina YBHK, Pengurus YBHK, Pimpinan Kantor Pusat YBHK, dan Pimpinan SMK Tarsisius Vireta, serta pemeriksaan kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh Primaya Hospital.

(Pendaftaran secara online di PPDB Online Sekolah Tarsisius Vireta)

Penulis: Yoakim Deko Lamablawa

Scroll to Top