Mengapa Harus Memilih Sekolah-Sekolah Di YBHK

Judul tulisan ini sangat menggelitik karena ditampilkan dalam bentuk sebuah pertanyaan. Pertanyaan yang bertujuan meminta jawaban berupa penjelasan, menggali informasi, mengklarifikasi, dan mengonfirmasi tentang suatu hal atau peristiwa. Jika demikian, sesungguhnya sudah dapat diprediksi apa isi tulisan ini sesungguhnya.

Yayasan Bunda Hati Kudus (YBHK) adalah sebuah lembaga pendidikan Katolik yang menaungi 20 sekolah dari jenjang TK sampai SMA. Sekolah-sekolah tersebut adalah TK-SD-SMP-SMA Tarsisius 1 di Petojo-Jakarta Pusat, TK-SD-SM-SMA Tarsisius 2 di Kebon Jeruk-Jakarta Barat, TK-SD-SMP-SMA Damai di Kampung Duri-Jakarta Barat, TK-SD-SMP-SMA Vianney di Rawa Buaya-Jakarta Barat, dan TK-SD-SMP-SMA Tarsisius Vireta di Pasar Kemis-Tangerang.

Sebagai lembaga pendidikan Katolik, sekolah-sekolah di bawah naungan YBHK selalu lekat dengan Spiritualitas Katolik, yang mewarnai keseluruhan aktivitas pendidikan dan pembelajaran. YBHK adalah mega taman pendidikan tempat tumbuh, berkembang, dan mekarnya semua insan muda dari berbagai latar belakang, sehingga kelak diharapkan turut berperan aktif dalam merendai kehidupan bangsa dan dunia. Muara dari keseluruhan proses di dalam taman pendidikan YBHK adalah lahirnya generasi muda yang penuh kasih, ramah, peduli, disiplin, nasionalis, berwawasan global, serta bertanggung jawab terhadap keutuhan ciptaan Tuhan.

Visi-Misi dan Core Value YBHK adalah roh yang senantiasa terintegrasi sekaligus menggerakan seluruh aktivitas pendidikan dan pembelajaran di sekolah-sekolah YBHK. Artinya, seluruh aktivitas warga YBHK dalam konteks pendidikan dan pembelajaran merupakan pengejewantahan dari kedua komponen utama tersebut. Dengan demikian, setiap insan YBHK dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya selalu bergerak dalam derap, irama, suluh, dan pedoman yang sama.

Semua value dalam Visi-Misi dan Core Value YBHK yang sudah menjadi spirit bersama itu, pada tataran implementasi diwujudkan dalam bentuk tindakan atau aksi nyata yang bersifat segera dengan skala prioritas. Tindakan atau aksi nyata yang bisa dilihat, dialami, dan dirasakan dampak serta manfaatnya bagi para stakeholder, baik internal maupun eksternal. Semuanya telah dilakukan secara konsisten dan terus-menerus. YBHK tidak dapat menyebutkan berbagai aksi nyata yang telah dilakukan, baik dalam bidang layanan pendidikan dan pembelajaran, pengembangan dan inovasi, maupun dalam bidang sosial- karitatif. Biarlah semua mozaik itu menjadi bukti sejarah yang akan turut bersaksi sekaligus mewarnai sejarah panjang perjalanan YBHK dalam dunia pendidikan hingga saat ini, untuk menabur benih-benih kebaikan. Benih-benih kebaikan yang terbungkus dalam paket layanan pendidikan dan pembelajaran, guna mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus memanusiakan manusia, agar lebih peka, peduli, dan bertanggung jawab terhadap kehidupan ini. So….Anda sungguh beruntung memilih bersekolah di YBHK!

Penulis: Yoakim Deko Lamablawa

Sharing is Caring!
Scroll to Top